Pengusaha Lele Asal Bogor

Mungkin anda pernah membaca di koran atau menonton berita tentang mereka berdua, Nasrudin (61) dan Ade (32). Mereka berdua adalah pengusaha lele yang sama-sama berasal dari Bogor, Jawa Barat. Sebenarnya Nasrudin lah yang menginspirasi Ade untuk turut menjadi pengusaha lele. Awalnya Nasrudin beternak lele dengan benih sekitar 100.000 ekor lele sangkuriang pada tahun 2001 dan dia mendapatkan benih tersebut dari Balai Besar Pengembangan Budidaya Air Tawar Sukabumi. Kini berkat ketekunan Nasrudin, dia mampu membesarkan lele dengan tekhnik yang jitu dan juga mampu mengobati lele yang terserang penyakit, seperti radang kulit, dengan obat herbal ramuannya sendiri.

Nasrudin mulai dijuluki "Letkol" oleh para pembudidaya lele dan warga desanya, yang kepanjangannya adalah Lele Kolam. Dia dikenal tidak segan-segan untuk membagi pengetahuannya seputar budidaya lele kepada mereka yang ingin serius belajar tentang budidaya lele. Nasrudin bersama kelompok pembenih lele sangkuriang lainnya mengaku ingin memproduksi sekitar 1,5 juta benih lele sangkuriang setiap bulan agar bisa memasok anggota kelompok budidaya lele sangkuriang yang saat ini jumlahnya 50 orang. Dia berharap dengan produksi benih sebanyak itu, akan mampu memenuhi kebutuhan lele di Jakarta. Perlu anda ketahui, untuk wilayah Jabotabek saja kebutuhan lele mencapai hingga 75 ton sehari dan pemasoknya berasal dari Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Masa depan budidaya lele cukup cerah sebab Muhamad Abduh Nur Hidayat, anggota staf Ditjen Perikanan Budidaya Departemen Kelautan dan Perikanan, mengatakan bahwa ikan lele akan dijadikan komoditas ketahanan pangan. Untuk konsepnya sendiri sedang dipersiapkan.

Sementara itu cerita Ade beda lagi, awalnya ayah Ade yang bernama Muchtar (59) yang beralih profesi sebagai pembenih lele mendapat informasi tentang Nasrudin sang pengusaha lele yang sukses dari Bogor. Akhirnya datanglah Muchtar ke tempat Nasrudin untuk bertemu. Setelah pertemuan itu Muchtar menyuruh anaknya yaitu Ade, Wawan, dan Trimulyana untuk belajar mengenai pembenihan lele kepada Nasrudin.

Sepulang dari pelatihan tersebut, Ade langsung menerapkan semua jurus-jurus jitu cara memelihara, memberikan pakan, dan mengatasi penyakit ikan secara tepat. Dan sekarang usahanya sudah jauh berkembang karena dia memberi perlakuan khusus untuk menekan angka kematian benih. Ade mengaku kini lebih berkonsentrasi di bidang pembenihan.


28 komentar to "Pengusaha Lele Asal Bogor"

  • boleh minta alamatnya pa nasrudin,,saya serius menjalani usaha budidaya lele,,tapi lahan yg saya punya sempit..saat ini saya menggunakan kolam yg terbuat dari terpal,,saya ingin belajar lebih bnyak lagi mengenai budi daya lele,,agar benih yg saya pelihara tidak..menuai bnyak kematian ,,bagaimana cara..mengatasinya,,,?tlng infoin alamatnya..nama saya asep..supriyadi dari kranji bekasi.telp:02199556900/081219777959.tlng sms aja ke no tersebut..terimakasih.

  • pak nasrullah saya indra asal balikpapan boleh ggak minta no.hpnya saya ingin belajar dgn bpk mengenai budi daya lele

    terima kasih

  • pak, saya ADE RIFKI dari Jasinga-Bogor.

    Saya tertarik dengan bisnis ni, tapi saya ga tau banyak tentang pembudidayaannya dan pemasarannya gmana,.,.???

    Apapkah d tempat bapak terima bwt magang dan menampung dari hasil panennya nanti,.,.,.????

  • *** Lele panen 29 hari,Belut panen 30 hari

    Dengan pupuk ajaib Lele sebesar kelingking panen dalam 29 hari isi 1 kg 7-8 ekor,hemat pakan 40%.Belut dari pembibitan sebesar kabel panen dalam 30 hari berat rata-rata 500 gram/ekor.Pupuk ajaib Terbuat dari bahan organik murni 100%.Budidaya perikanan tanpa vaksin,antibiotik,dan vitamin lainnya.Bisa dengan pakan buatan sendiri atau pabrikan.Tersedia khusus tanaman,perikanan,peternakan dan untuk unggas.

    sms:0857-8178-5140
    http://organik-ajaib.blogspot.com/

  • pak nas..saya estu dr ciledug tangerang...saya sedang belajar cara mbesar kan lele...sudah 3x menebar benih lele dumbo...dan gagal(mati smua,lama besarnya,bau airnya)...setelah saya baca buku bapak "jurus sukses beternak lele sangkuriang" brmaksud mencobanya...kebetulan rumah saya jarang air...tetapi saya sudah cari benih sangkuriang dan tidak ada... bisa kah bapak membantu solusinya...


    terimakasih

  • pak nas..saya estu dr ciledug tangerang...saya sedang belajar cara mbesar kan lele...sudah 3x menebar benih lele dumbo...dan gagal(mati smua,lama besarnya,bau airnya)...setelah saya baca buku bapak "jurus sukses beternak lele sangkuriang" brmaksud mencobanya...kebetulan rumah saya jarang air...tetapi saya sudah cari benih sangkuriang dan tidak ada... bisa kah bapak membantu solusinya...


    terimakasih

  • bagi yang mau belajar budidaya lele sangkuriang metode Nasrudin untuk wilayah bandung dan sekitarnya, silakan menghubungi 085720094000 / 022-70444498

  • Pak Nas, sy pemula dan tdk punya pengalaman untuk ternak lele. Sy sgt tertarik untuk menjalani bisnis lele ini. Untuk bisa menggeluti ternak lele ini, sy ingin bisa belajar langsung dgn bapak dlm proses peternakan lele ini. Bisakah sy dapatkan alamat dan telp di Bogor ? Teri
    ma kasih, Salam /Rama (0819 05049290)

  • Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
  • Salam kenal semuanya..

    saya pernah datang ke tempat pa nasrudin untuk belajar lele, namun prosedurnya sangat rumit, dan terkesan di cuekin. akhirnya saya beralih ke temannya yaitu Pa Ndang, lokasinya ga jauh dari pa nasrudin. Tanpa biaya, ramah, dan biasanya kita ga akan boleh pulang sebelum Kopi yang disuguhkan habis.

    datang saja ke pa ndang..

  • Pak Nasrudin, Sy berminat belajar tentang budidaya lele. Tolong info tentang alamat dan No HP Bapak yg bisa sy hubungi.
    Saat ini sy perlu sekali bibit lele Sangkuriang ukuran 7-8 Cm sebanyak 10000 ekor.
    TK, Salam
    Danang (085885544629)
    email: gdaydanang@yahoo.com

  • Selamat pagi semua, saya akim dari Kalideres Jakarta barat, saya tertarik dengan bisnis budidaya lele ini. tapi saya belum tahu cara pemasarannya ketika lele yang kita panen sudah tiba saatnya. mohon pencerahaannya. bagi siapa saja yang sudah sukses tolong dong bagi-bagi ilmunya...dan saya juga masih awam soal pembudidayaan ikan lele. mohon bantuannya ya. mungkin bisa kirimkan ke akimdave@yahoo.co.id atau kirimkan komentar di http://roomsecret.blogspot.com terima kasih.

  • Selamat siang..

    saya tertarik sekali dengan budidaya lele sangkuriang... saya ingin belajr banyak tentangnya.. bisa saya minta alamat atau nomor telepon pak Nasrudin atau MAs Ade?.. -salam Nur (085714224428)

  • selamat pagi ...
    saya arik dari malang ...

    saya hari ini membutuhkan lele sangkuriang sebanyak 10.000 ekor kira - kira per ekor nya berapa ia .
    mohon hubungi saya jika anda bisa .
    number : 081944816984
    fb : apakamudia@yahoo.com

    thanks.

  • saya butuh 10.000 ekor bibit lele sangkuriang, ukuran 7cm, untuk di kirim ke tasikmalaya, brapa ya + ongkos kirim ? 0857 5914 9443
    trimakasih

  • pak, sya yahya skarang lg d bjonegoro.blehkah sya minta no hpx, inysaallah nanti sy hub karna tertarik dng pmbenihan lele sngkuriang dr bpak.trimaksh, smoga berkah.

  • Ass...Pak Nasrudin. Saya minat belajar budidaya lele sangkuriang. Alamat saya di Bogor.ada no tlp yang bisa saya hubungi?

  • UD. NABILA LELE

    Kami petani lele dari Sleman-Yogyakarta yang sudah berpengalaman. Kami menjual induk dan bibit lele sangkuriang berbagai ukuran. Melayani pengiriman keluar kota dan luar pulau. Alamat : Jl. Kaliurang Km 13,5 Sleman-Yogyakarta.
    Bibit lele yang kami hasilkan adalah bibit lele berkualitas, telah terbukti dengan penanganan yang baik dan benar bibit lele hasil dari produksi kami dapat berkembang dengan baik dan cepat pertumbuhannya. Berikut kami informasikan data dari tempat usaha pembibitan lele kami :
    Jenis : Sangkuriang (Sertifikat)
    Sistem : Intensif.
    Pemijahan : Alami.
    Sumber air : Air tanah / sumur.
    Kolam : Terpal dan semen
    Pakan : Cacing sutra.
    Pengangkutan:Dikemas dlm kotak styrofoam penahan panas, tahan sampai 16 jam.
    Kota tujuan : Seluruh Indonesia.
    Kapasitas pengiriman :
    UKURAN : KAPASITAS / Ekor / BOX :
    2-2 cm : 15.000.
    2-3 cm : 8.000.
    3-4 cm : 7.000.
    3-5 cm : 5.000.
    4-6 cm : 4.000
    5-7 cm : 3.000
    Induk : 15.
    Untuk informasi harga murah berkualitas silahkan contak person Andy 085753563403 / 081227354545, kunjungi blog kami di www.mbenih.blogspot.com atau datang langsung ke lokasi pembibitan kami di Jl.Kaliurang Km 13,5 Sleman (10 meter selatan Honda AHASS)
    Datang….Lihat dan tentukan keputusan yang terbaik bagi anda…..

    Catatan :
    Cara mempersiapkan air kolam terpal/semen sebelum bibit ditebar :
    a) Masukkan air setinggi 30 cm dengan cara dipercikkan
    b) Tebar garam ikan/garam grasak 100 g / m2
    c) Diamkan selama 3 hari
    d) Masukkan urea 10 g / m2 dan katalis plankton (probiotik) yang mengandung bakteri nitro (Em4, Sell multi) dosis 10 ml / m2
    e) Diamkan selama 5 hari sampai air berubah warna kuning kehijauan
    f) Volume air ditambahkan hingga 60 - 70 cm dan bibit siap ditebar.

  • Numpang Gan....
    Buat rekan-rekan yang beternak bibit lele....
    Saya beternak pembesaran lele di daerah Leuwi Nanggung Gunung Putri Kab. Bogor dan membutuhkan bibit lele sangkuriang ukuran 7-9 cm sebanyak 15.000ekor/minggu.
    Bagi yang berminat menjual bibitnya silahkan hubungi saya di 087882868303 (panji) atau melalui Email psuhada@gmail.com.
    Saya juga bersedia membeli secara kontrak.
    Terima kasih

  • salam semangat rekan-rekan!!

    Kami myfarm, peternakan lele yang khusus untuk menyediakan benih lele berkualitas unggul (sangkuriang), indukan kami peroleh dari BBPBAT Sukabumi. Kami juga memiliki area kolam pembesaran selain kolam untuk pembenihan.

    Bagi temen-teman yang berminat, serius dan ingin mengetahui informasi harga dapat menghubungi (lebih lanjut),
    Kang Lingga (08170071505)

    3-4cm : Rp 100/ekor
    5-6cm : Rp 150/ekor
    7-8cm : Rp 200/ekor
    9-10cm : Rp 250/ekor

    *untuk pemesanan diatas 10.000 ekor mendapatkan diskon 10%
    *harga diatas belum termasuk ongkos kirim
    atau email di

    muhammad.lingga@live.com

    Lokasi peternakan : Jl Tole Iskandar 45, Perum. Gema Pesona Blok R no.1, Kec. Sukmajaya, Kota Depok

    Bagi temen-teman yang ingin berkunjung dan belajar, kang lingga siap di hari weekend (minggu).

    -Spirit of Entrepreneur-

  • membutuhkan bibit lele sangkuriang ? Untuk wilayah Solo dan sekitarnya saya antar gratis. Bibit berkualitas dari indukan bersertifikat dari BBAT. Hub 085642057643

  • Abah Nas memang hebat

  • Assalamualaikum.. mau numpang promo ya gan.. saya berdomisili di kota Bogor menyediakan bibit lele sangkuriang berbagai ukuran mulai ukuran 1-2cm dengan harga dijamin super murah/bisa nego, gratis ongkos kirim wilayah Bogor. Untuk sementara saat ini saya hanya melayani pengiriman wilayah Bogor. Bagi anda yang berminat serius silahkan hubungi Rully no hp. 085694127123. Menerima pesan atau konsultasi via telp atau sms..

  • Assalamualaikum wr wb...
    Anda ingin sukses dengan bisnis ikan lele?
    Konsultasi dan bimbingan gratis tehnik pembibitan dan pembesaran lele, pembuatan probiotik dll...
    Anda dapat langsung mengunjungi lokasi pembenihan kami di kelurahan Tamanan, Kediri,Jatim atau website: jualbibitlele.com
    kami menyediakan:
    - Bibit lele
    - Bibit gurami
    - Probiotik
    - dll
    Salam kenal - Maspapang

  • Assalamu'alaikum saya bagus, sy bukan peternak lele tp sy suka makan ikan lele sekarang sedang menjalankan usaha dari perkampungan/home industri ikan lele berbentuk ABON untuk penambah rasa selera makan keluarga, sy jual harganya Rp 15000 saja (apalagi tuk daging sapi lg mahal & ada isu dcampur celeng/babi)jika berminat HUBUNGI BAGUS 0857 1469 4858/0812 1854 1889

  • Doain saya yach... semoga cepat ti memulai dan ikut sukses seperti yang abah narudin ajarkan....

  • Dimana alamatnya...pa ndang

  • Saya butuh bibit lele ukuran 7-8 cm untuk daerah tangerang 8000 ekor hub 087808009698

Profil Kami

Kami telah bekerja sama dengan petani lele yang sudah berpengalaman dalam menyediakan bibit lele sangkuriang, kini ingin melebarkan jangkauan pemasaran kami melalui Internet. Kami fokus ke pemasaran dan partner kami fokus ke produksi bibit lele sangkuriang. Induk sangkuriang yang kami miliki adalah induk asli koleksi BBAT (Balai Budidaya Air Tawar) Pemerintah yang sudah bersertifikat nasional Indonesia (SNI). Kami ingin membantu para petani lele yang merasa kesulitan dalam memperoleh bibit lele sangkuriang, maka dari itu kami menawarkan Harga Benih yang Terjangkau dan kami SIAP mengirim ke seluruh Indonesia.

Artikel Terpopuler

Web hosting for webmasters