Keunggulan Lele Sangkuriang Dibanding Lele Dumbo

Lele Sangkuriang

Lele Sangkuriang (Clarias SP) merupakan hasil dari rekayasa genetik yang dilakukan oleh BBAT Sukabumi sebagai upaya untuk perbaikan mutu ikan lele dumbo (Clarias gariepinus) yang telah mengalami penurunan kualitas dikarenakan adanya perkawinan sekerabat (inbreeding) dan seleksi induk yang salah (penggunaan induk berkualitas rendah). Lele sangkuriang ini merupakan perbaikan genetik melalui silang balik antara induk betina lele dumbo generasi kedua (F2) dan jantan lele dumbo generasi keenam (F6). Induk betina (F2) berasal dari keturunan kedua lele dumbo yang diintroduksi ke Indonesia pada 1985. Sedangkan induk jantan F6 merupakan sediaan induk yang ada di Balai Budidaya Air Tawar Sukabumi. Induk dasar yang didiseminasikan (ditebarkan) dihasilkan dari silang balik tahap kedua antara induk betina generasi kedua (F2) dengan induk jantan hasil silang balik tahap pertama (F2 6).

Keunggulan Lele Sangkuriang dibanding Lele Dumbo:

Perbandingan Lele Sangkuriang dan Lele Dumbo
  1. Fekunditas atau kemampuan memproduksi telur Lele Sangkuriang lebih banyak, yaitu sekitar 40.000-60.000 butir telur/kg bobot induk. Sedangkan Lele Dumbo hanya 20.000-30.000 butir telur/kg
  2. Derajat penetasan telur Lele Sangkuriang >90%, sedangkan Lele Dumbo hanya >80%
  3. Nilai Feeding Convertion Rate (FCR) Lele Sangkuriang sekitar 0,8 yang artinya untuk menghasilkan 1kg daging dibutuhkan 0,8kg pakan. Sementara, Lele dumbo nilai FCR-nya lebih dari 1
  4. Lele Sangkuriang relatif lebih tahan terhadap penyakit, karena sangkuriang mampu meredam serangan bakteri Trichodina sp, Aeromonas hydrophilla, dan Ichthyopthirius sp. Sedangkan Lele Dumbo lebih mudah mati terserang penyakit
  5. Benih lele sangkuriang dengan ukuran 7 – 8 cm hanya memerlukan waktu sekitar 58 hari untuk mencapai panen, sedangkan untuk lele dumbo dapat mencapai tiga bulan

Mungkin masih ada beberapa keunggulan atau kelebihan lainnya dari Lele Sangkuriang ini, tapi saya hanya menulis inti-intinya saja. Silakan ditambahkan bila ada yang kurang.


*Sumber:
Teranggung
Febrian Hadinata
Godreell
Nadhiroh
Indonesia Indonesia
Zona Ikan


7 komentar to "Keunggulan Lele Sangkuriang Dibanding Lele Dumbo"

  • salam kenal.. saya fahmi,depok. saya biasa memelihara lele ukuran palang. apakah bapak punya stok lele palang, order minimal berapa?

  • Salam kenal
    Selama ini saya selalu saja berkutat dengan lele dumbo, saya mungkin akan mencoba membudidayakannya di tempat saya Yogyakarta, semoga sukses.

  • Numpang Gan....
    Buat rekan-rekan yang beternak bibit lele....
    Saya beternak pembesaran lele di daerah Leuwi Nanggung Gunung Putri Kab. Bogor dan membutuhkan bibit lele sangkuriang ukuran 7-9 cm sebanyak 15.000ekor/minggu.
    Bagi yang berminat menjual bibitnya silahkan hubungi saya di 087882868303 (panji) atau melalui Email psuhada@gmail.com.
    Saya juga bersedia membeli secara kontrak.
    Terima kasih

  • UD. NABILA LELE

    Kami petani lele dari Sleman-Yogyakarta yang sudah berpengalaman. Kami menjual induk dan bibit lele sangkuriang berbagai ukuran. Melayani pengiriman keluar kota dan luar pulau. Alamat : Jl. Kaliurang Km 13,5 Sleman-Yogyakarta.
    Bibit lele yang kami hasilkan adalah bibit lele berkualitas, telah terbukti dengan penanganan yang baik dan benar bibit lele hasil dari produksi kami dapat berkembang dengan baik dan cepat pertumbuhannya. Berikut kami informasikan data dari tempat usaha pembibitan lele kami :
    Jenis : Sangkuriang (Sertifikat)
    Sistem : Intensif.
    Pemijahan : Alami.
    Sumber air : Air tanah / sumur.
    Kolam : Terpal dan semen
    Pakan : Cacing sutra.
    Pengangkutan:Dikemas dlm kotak styrofoam penahan panas, tahan sampai 17 jam.
    Kota tujuan : Seluruh Indonesia.
    Kapasitas pengiriman :
    UKURAN : KAPASITAS / Ekor / BOX :
    2-2 cm : 15.000.
    2-3 cm : 8.000.
    3-4 cm : 7.000.
    3-5 cm : 5.000.
    4-6 cm : 4.000
    5-7 cm : 3.000
    Induk : 15.
    Untuk informasi harga murah berkualitas silahkan contak person Andy 085753563403 / 081227354545, kunjungi blog kami di www.mbenih.blogspot.com atau datang langsung ke lokasi pembibitan kami di Jl.Kaliurang Km 13,5 Sleman-Yogyakarta (10 meter selatan Honda AHASS)
    Datang….Lihat dan tentukan keputusan yang terbaik bagi anda…..

    Catatan :
    Cara mempersiapkan air kolam terpal/semen sebelum bibit ditebar :
    a) Masukkan air setinggi 20 cm dengan cara dipancurkan
    b) Tebar garam ikan/garam grasak 100 g / m2
    c) Diamkan selama 3 hari
    d) Tambah volume air sesuai ukuran bibit
    e) Masukkan pupuk urea 10 g / m2 atau pupuk organik cair dan katalis plankton (probiotik) yang mengandung bakteri nitro (Em4, Sell multi) dosis 10 ml / m2
    f) Diamkan selama 5 hari sampai air berubah warna bening kehijauan dan bibit siap ditebar.

  • perkenalkan gan saya rin 21 th,saya rencana mau ternak ikan,
    1.kalo biaya pemeliharaan seperti makanan dan vitamin lebih besar biaya mana antara jumbo dengan sangkuriang?
    2.Dan kalo pake kolam terpal saya rencana mau di atas lantai yg bersemen,karena kalo di tanah brarti harus di pekarangan,dan keadaan yg tidak memungkinkan maka saya rencana mau buat kolam terpal di atas lantai di dalam ruangan tak beratap agar terhindar dr pencuri,nah yg mau saya tanya bagaimana mengganti sekam yg sbg alas kolam,karena di daerah saya sangat sulit mencari sekam.
    3.Jika nanti panen bagaimana pemasarannya,apa harga sangkuriang bisa terjangkau oleh masyarakat kalangan bawah? Mahal mana di banding ikan jumbo?
    Mohon bimbingannya.

  • pertanyaan lg gan,saya punya area untuk kolam terpalnya cuma 2x2 meter,brapa ukuran terpalnya?dan brapa tinggi nya nanti? Jg brapa tinggi air, brapa jumlah bibit nya dg kolam seperti itu.

  • Assalamu'alaikum saya bagus, sy bukan peternak lele tp sy suka makan ikan lele sekarang sedang menjalankan usaha dari perkampungan/home industri ikan lele berbentuk ABON untuk penambah rasa selera makan keluarga, sy jual harganya Rp 15000 saja (apalagi tuk daging sapi lg mahal & ada isu dcampur celeng/babi)jika berminat HUBUNGI BAGUS 0857 1469 4858/0812 1854 1889

Profil Kami

Kami telah bekerja sama dengan petani lele yang sudah berpengalaman dalam menyediakan bibit lele sangkuriang, kini ingin melebarkan jangkauan pemasaran kami melalui Internet. Kami fokus ke pemasaran dan partner kami fokus ke produksi bibit lele sangkuriang. Induk sangkuriang yang kami miliki adalah induk asli koleksi BBAT (Balai Budidaya Air Tawar) Pemerintah yang sudah bersertifikat nasional Indonesia (SNI). Kami ingin membantu para petani lele yang merasa kesulitan dalam memperoleh bibit lele sangkuriang, maka dari itu kami menawarkan Harga Benih yang Terjangkau dan kami SIAP mengirim ke seluruh Indonesia.

Artikel Terpopuler

Web hosting for webmasters