Ikan Lele Raksasa Pemangsa Manusia

Tahukah anda tentang ikan lele raksasa yang suka memangsa manusia dan hidup di dasar samudera seperti halnya Ikan Hiu? Silahkan anda simak kisah-kisah yang menceritakan tentang keberadaan ikan predator raksasa sejenis Catfish (ikan lele) yang hidup di air tawar dan ternyata juga doyan menyantap daging manusia.

1. Goonch Fish - Lele Pemakan Bangkai

Goonch Fish - Lele Pemakan BangkaiGreat Kali Gandaki River adalah sebuah sungai yang letaknya di perbatasan antara India dan Nepal. Alirannya bersumber dari sumber air di Pegunungan Himalaya di ketinggian 3600 dpl. Sungai ini sangat indah dan keindahannya sudah tak perlu diragukan lagi. Tetapi ada suatu legenda menakutkan tentang monster pemakan manusia dan menghantui desa-desa yang berada di kawasan ini. Hal itu menyebabkan penduduk tidak mau mandi ataupun bermain di sekitar sungai itu.

Kejadian pertama kali yang mengawali teror ganas dari mahluk penghuni sungai itu terjadi di bulan April tahun 1988. Seorang pemuda Nepal ketika baru saja masuk ke dalam sungai, tiba-tiba langsung ditarik oleh “sesuatu” dan lenyap begitu saja. Tiga bulan sejak kejadian itu, seorang anak laki-laki yang sedang mandi di Sungai Kali bersama dengan ayahnya, tiba-tiba di serang dan di seret kedalam air. Sang ayah hanya bisa berteriak dan tak dapat melakukan apa-apa.

Sejak kejadian-kejadian misterius itu itu, kejadian seperti ini terjadi berkali-kali hingga menghantui para penduduk yang bertempat tinggal di sekitar aliran Sungai Kali. Bahkan beberapa tahun belakangan ini, laporan tentang hilangnya penduduk yang mandi di Sungai Kali makin meningkat. Penduduk semakin bingung dan mulai berargumentasi tentang jenis mahluk yang tinggal di situ. Beberapa penduduk percaya ada sekumpulan buaya yang hidup di sungai itu. Namun setelah diselidiki, ternyata tidak ada buaya yang hidup di daerah itu.

Terakhir, pada tahun 2007, seorang pemuda Nepal berumur 18 tahun yang sedang berenang di sungai itu ditarik oleh monster misterius dan lenyap begitu saja dari permukaan air. Menurut saksi mata yang menyaksikan kejadian itu, bentuk monster itu seperti babi berukuran sangat besar.

Rasa penasaran penduduk akhirnya terjawab ketika seorang ahli biologist dari Inggris bernama Jeremy Wade melakukan penelitian di Sungai Kali dan menemukan jawaban yang mengejutkan.

Wade menemukan kenyataan bahwa monster pemakan manusia itu ternyata adalah sejenis ikan lele raksasa (Giant Cat Fish) yang telah mengalami perubahan DNA karena sering memakan mayat yang dihanyutkan ke sungai setelah terlebih dahulu dibakar dalam acara ritual pemakaman tradisional masyarakat setempat yang dikenal dengan nama Ritual Bagmati.

“Ikan jenis ini merupakan jenis ikan endemis sungai ini. Namun, karena telah puluhan tahun menyantap daging mayat yang dihanyutkan melalui sungai, ikan ini berubah secara genetik menjadi jauh lebih besar dari ukuran sebenarnya. Mereka menjadi ketagihan, dan mulai menjadikan daging manusia menjadi menu utama. Jadi jika lama tidak ada ritual pemakaman, ikan ini menjadi ganas dan menyerang manusia,” Wade menjelaskan.

Dalam penelitiannya, Jeremy Wade juga berhasil menangkap seekor ikan lele pemangsa daging manusia dengan ukuran 1,8 meter dan berat berkisar 73 kilogram. Menurut Wade jika ikan dengan ukuran sebesar itu ketika menyerang manusia di dalam air, maka sedikit sekali kemungkinan korbannya untuk menyelamatkan diri. Wade lalu menamakan ikan lele raksasa itu dengan nama Goonch Fish.

Perjalanan penelitian Jeremy Wade saat menyelidiki ikan lele pemakan manusia di Sungai Kali telah di dokumentasikan dan ditayangkan perdana di salah satu stasiun televisi Inggris dengan judul “Monster Air Pemakan Daging Manusia”.

2. Pemangsa dari Huadu’s Furong

Pemangsa dari Huadu’s Furong
Ternyata, bukan hanya di Great Kali Gandaki River saja yang terdapat jenis ikan lele raksasa. Baru-baru ini di Waduk Huadu’s Furong-China, terjadi peristiwa yang menggemparkan! Selama ini, dalam kurun waktu setahun selalu saja terjadi beberapa kasus orang yang tenggelam dan hilang secara misterius di waduk tersebut.

Namun tak lama akhirnya misteri itu terjawab sudah. Penduduk setempat akhirnya berhasil menangkap seekor ikan lele raksasa yang ukuran panjang badannya mencapai 3 meter dan lebar kepala berkisar 1 meter. Yang lebih mengejutkan lagi, ketika masyarakat membelah perut ikan itu, mereka menemukan “sisa-sisa” seorang lelaki di dalam tubuh ikan itu!

Namun, karena pemerintah lokal khawatir jika insiden ini akan berdampak pada kepariwisataan daerah itu, maka mereka berusaha keras agar peristiwa itu tidak terpublikasi secara luas. Tapi beberapa turis sempat datang dan mengabadikan gambar ikan lele pemangsa manusia dengan ponsel mereka.

Beberapa kalangan beranggapan ikan ini adalah ikan jenis Waking Catfish atau clarius batrachus (ikan lele berjalan). Namun belum ada yang dapat menjelaskan bagaimana mungkin ikan lele yang berukuran centimeter bisa menjadi begitu besar.

Saat ini masyarakat lokal maupun turis asing tidak diperbolehkan berenang di Waduk Huadu’s Furong. Orang banyak memperkirakan masih ada ikan sejenis yang hidup di waduk itu, siap memangsa orang yang berenang di situ.

3. Raksasa Sungai Mekong

Raksasa Sungai Mekong
Sungai Mekong dikenal sebagai salah satu sungai utama di dunia yang banyak menyimpan berbagai jenis ikan-ikan raksasa. Sungai Mekong merupakan sungai terpanjang ke-12 di dunia, dan ke-10 terbesar dalam volume (melepas 475km³ air setiap tahunnya), sungai ini mengisi wilayah seluas 795.000 km² mulai dari Tibet dia mengalir melalui China provinsi Yunnan, Myanmar, Thailand, Laos, Kamboja, dan Vietnam. Semua kecuali China dan Myanmar masuk ke dalam Komisi Sungai Mekong. Karena variasi musim yang sangat berbeda dalam aliran dan adanya “rapid” dan air terjun membuat navigasi sangat sulit.

Menurut para peneliti, sungai ini adalah rumah dari berbagai jenis ikan raksasa air tawar. Yang paling terkenal adalah Mekong Giant Cat Fish. Jenis ikan lele raksasa ini memang hidup disepanjang aliran Sungai Mekong yang melintasi beberapa negara di Asia tersebut.

Pada tahun 2005, seorang nelayan Muangthai berhasil menangkap ikan lele raksasa sebesar beruang Grizzly di Sungai Mekong. Ukuran ikan ini berkisar 2,7 Meter dengan berat mencapai 646 pon.

Memang penangkapan ikan lele berukuran raksasa di Sungai Mekong bukanlah hal yang aneh. Sudah berulang kali nelayan setempat mendapatkan ikan lele berukuran raksasa di sungai itu. Namun sepertinya belum ada yang menyamai ukuran ikan lele yang ditangkap nelayan Muangthai tersebut.

Berbeda dengan kasus di Sungai Kali di Nepal dan Waduk Huadu’s Forung di China, tidak ada laporan yang menyebutkan bahwa ikan lele raksasa di Sungai Mekong adalah pemangsa manusia.

IUCN (International Union for Conservation of Nature), sebuah badan dunia yang bergerak di bidang konservasi sumberdaya alam telah menyimpan dan memasukkan data keberadaan ikan lele raksasa dari Sungai Mekong sebagai jenis satwa air yang langka dan menuju kepunahan. Jenis ikan lele raksasa ini, juga telah menarik perhatian WWF (Worl Wildlife Fund) dan National Geografic Society. Kedua organisasi ini sedang bersama-sama menyusun rencana perlindungan terhadap jenis ikan itu.

Memang menakutkan jika kita membayangkan keberadaan raksasa-raksasa air tawar pemangsa daging manusia tersebut. Kita sekarang tentu akan menjadi was-was jika berenang di sungai maupun danau air tawar. Namun pertanyaannya adalah bagaimana mereka bisa menjadi kanibal dan doyan makan manusia. Apakah mereka yang mengganggu manusia, atau malah manusia yang mengusik habitat mereka???

Di sisi lain ikan lele raksasa itu juga mempunyai hak untuk hidup. Sebab bukan tidak mungkin, mereka adalah sisa-sisa zaman prasejarah yang harus diteliti dan dilestarikan keberadaannya untuk perkembangan ilmu pengetahuan.


*Sumber: http://aztecboyzonic.blogspot.com/2010/02/lele-raksasa.html


9 komentar to "Ikan Lele Raksasa Pemangsa Manusia"

  • saya menjual bibi lele pyton lebih murah ukursn 2-3 rp.50,3-4 rp.80,5-6 rp.100,7-8 rp.150,9-10 rp.200,11-12.250.lele daging perkg rp.12.000,hub.087885816009(arif)

  • pemesanan minimal bibit 20000ekor,harga belum termasuk ongkos kirim,,bertempat dibogor&jakarta timur
    note:harga sewaktu-waktu bisa berubah

  • TEKNIS BUDIDAYA: BUDIDAYA LELE
    TEKNIS BUDIDAYA: BUDGERIGAR

    Jual benih ikan lele sangkuriang & phyton segala ukuran.harga murah kwalitas unggulan dikembangkan dari kolam bak terpal yang telah terbukti kwalitasnya kuat untuk pengiriman jarak jauh,serta cepat adaptasi di lingkungan apapun.

    menjual benih serta indukan ikan lele sangkuring & phyton

    * – benih ikan lele ukuran 2-3 panjang ikan 3-4 cm harga Rp.60/ekor
    * – benih ikan lele ukuran 3-4 panjang ikan 4-5 cm harga Rp.80/ekor
    * – benih ikan lele ukuran 3-5 panjang ikan 5-6 cm harga Rp.100/ekor
    * – benih ikan lele ukuran 4-6 panjang ikan 6-7 cm harga Rp.125/ekor

    BUKAN yang TERBAIK” BUKAN yang MURAH” TAPI KITA BERUSAHA BUAT yang TERBAIK UNTUK ANDA

    Melayani pesanan pengiriman

    1. antar kota
    2. antar provinsi
    3. antar pulau diseluruh Indonesia

    untuk informasi cara ternak ikan lele

    * budidaya pembesaran
    * pemeliharaan serta perawata pada ikan lele
    * kiat kiat sukses
    * pengobatan penyakit ikan lele
    * pemasaran ikan lele benih dan konsumsi
    * mengalih bisnis perikanan

    Silahkan kunjungi via Google di alamat : http//Pbenih.blogspot.com

    dian lele ……………………..Hp 087733662287 sms / telpon

    *******************************************************

  • Numpang Gan....
    Buat rekan-rekan yang beternak bibit lele....
    Saya beternak pembesaran lele di daerah Leuwi Nanggung Gunung Putri Kab. Bogor dan membutuhkan bibit lele sangkuriang ukuran 7-9 cm sebanyak 15.000ekor/minggu.
    Bagi yang berminat menjual bibitnya silahkan hubungi saya di 087882868303 (panji) atau melalui Email psuhada@gmail.com.
    Saya juga bersedia membeli secara kontrak.
    Terima kasih

  • UD. NABILA LELE

    Kami petani lele dari Sleman-Yogyakarta yang sudah berpengalaman. Kami menjual induk dan bibit lele sangkuriang berbagai ukuran. Melayani pengiriman keluar kota dan luar pulau. Alamat : Jl. Kaliurang Km 13,5 Sleman-Yogyakarta.
    Bibit lele yang kami hasilkan adalah bibit lele berkualitas, telah terbukti dengan penanganan yang baik dan benar bibit lele hasil dari produksi kami dapat berkembang dengan baik dan cepat pertumbuhannya. Berikut kami informasikan data dari tempat usaha pembibitan lele kami :
    Jenis : Sangkuriang (Sertifikat)
    Sistem : Intensif.
    Pemijahan : Alami.
    Sumber air : Air tanah / sumur.
    Kolam : Terpal dan semen
    Pakan : Cacing sutra.
    Pengangkutan:Dikemas dlm kotak styrofoam penahan panas, tahan sampai 17 jam.
    Kota tujuan : Seluruh Indonesia.
    Kapasitas pengiriman :
    UKURAN : KAPASITAS / Ekor / BOX :
    2-2 cm : 15.000.
    2-3 cm : 8.000.
    3-4 cm : 7.000.
    3-5 cm : 5.000.
    4-6 cm : 4.000
    5-7 cm : 3.000
    Induk : 15.
    Untuk informasi harga murah berkualitas silahkan contak person Andy 085753563403 / 081227354545, kunjungi blog kami di www.mbenih.blogspot.com atau datang langsung ke lokasi pembibitan kami di Jl.Kaliurang Km 13,5 Sleman-Yogyakarta (10 meter selatan Honda AHASS)
    Datang….Lihat dan tentukan keputusan yang terbaik bagi anda…..

    Catatan :
    Cara mempersiapkan air kolam terpal/semen sebelum bibit ditebar :
    a) Masukkan air setinggi 20 cm dengan cara dipancurkan
    b) Tebar garam ikan/garam grasak 100 g / m2
    c) Diamkan selama 3 hari
    d) Tambah volume air sesuai ukuran bibit
    e) Masukkan pupuk urea 10 g / m2 atau pupuk organik cair dan katalis plankton (probiotik) yang mengandung bakteri nitro (Em4, Sell multi) dosis 10 ml / m2
    f) Diamkan selama 5 hari sampai air berubah warna bening kehijauan dan bibit siap ditebar.

  • kalo ikan lele sebesar itu... jenis nya apa ya... dumbo...sangkuriang...lokal..... salam kenal dari saya.

  • Assalamu'alaikum saya bagus, sy bukan peternak lele tp sy suka makan ikan lele sekarang sedang menjalankan usaha dari perkampungan/home industri ikan lele berbentuk ABON untuk penambah rasa selera makan keluarga, sy jual harganya Rp 15000 saja (apalagi tuk daging sapi lg mahal & ada isu dcampur celeng/babi)jika berminat HUBUNGI BAGUS 0857 1469 4858/0812 1854 1889

  • ini adalah hasil lele yang sempurna menurut saya ... dari blog ini saya banyak belajar

    www.youtube.com/watch?v=nccSnajGvPk

Profil Kami

Kami telah bekerja sama dengan petani lele yang sudah berpengalaman dalam menyediakan bibit lele sangkuriang, kini ingin melebarkan jangkauan pemasaran kami melalui Internet. Kami fokus ke pemasaran dan partner kami fokus ke produksi bibit lele sangkuriang. Induk sangkuriang yang kami miliki adalah induk asli koleksi BBAT (Balai Budidaya Air Tawar) Pemerintah yang sudah bersertifikat nasional Indonesia (SNI). Kami ingin membantu para petani lele yang merasa kesulitan dalam memperoleh bibit lele sangkuriang, maka dari itu kami menawarkan Harga Benih yang Terjangkau dan kami SIAP mengirim ke seluruh Indonesia.

Artikel Terpopuler

Web hosting for webmasters